Pages

Senin, 20 Mei 2013

Ekonomi ; Struktur Pasar

Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Struktur pasar dibagi kedalam beberapa bagian yaitu :

* Pasar Persaingan Sempurna

Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Contohnya pasar kenari yang semuanya menjual peralatan listrik. Walaupun menjual barang yang sama, pasar ini tidak akan bangkrut karena setiap orang dari seluruh daerah akan mencari peralatan listrik dipasar itu.

* Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :

1. Pasar Monopoli yaitu hanya terdiri satu penjual yang menguasai pasar. Contoh PLN.
2. Pasar Oligopoli yaitu pasar yang dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
3. Pasar Duopoli yaitu memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
4. Pasar Persaingan Monopolistik yaitu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
5. Pasar Monopsoni yaitu jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli. Contoh : PT.KAI karena merupakan satu-satunya pembeli peralatan kereta.

Pertanyaan yang diajukan mengenai perusahaan internasional yang mendominasi di Indonesia seperti KFC apakah akan menimbulkan kerugian bagi negara karena pasarnya dikuasai oleh pasar Internasional, menurut penjelasan yang didapat yaitu tidak sama sekali. Walaupun perusahaan asing, KFC yang berada di Indonesia merupakan milik orang Indonesia dan dikelola sendiri karena mereka telah membeli frenchisenya yaitu berupa nama perusahaan dan resep masakannya dan nanti pajaknya juga tetap dibayarkan kepada negara tanpa membagi dua kepada KFC.





sumber : http://komanganombudiutama.blogspot.com/2012/03/resume-materi-struktur-pasar.html



Thanks for reading, hope usefull :)
Follow me, and leave comments :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar